Tuesday, November 27, 2007

Pengalaman Meng-Interview

Sabtu-minggu kemarin, aku bertugas meng-interview calon mahasiswa yang memilih IBM sebagai jurusan yang akan dimasuki. Asyik dan lucu-lucu pengalamanku dengan mereka. Beberapa hal yang menjadi pengamatanku pada interview kemarin kucoba simpulkan dimana jumlah sampel hanya 36 saja dari 450an peserta hehehe...soalnya aku hanya mampu interview 36 orang je...
  1. Pada umumnya, mereka mengidolakan ortu (papa/mama). Trus kalau ditanyain selain papa/mama maka jawaban yang muncul adalah Bill Gates, Thomas Alfa Edison. Tapi ada yang lucu banget dengan salah satu calon mahasiswa yang mengidolakan Thomas Alfa Edison. Pas ditanya apa yang kamu idolakan dari dia jawabnya adalah karena dia menemukan lampu, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, apa jadinya kalau dia ga nemukan lampu, pasti kita kegelapan... Bah...bah...bah....
  2. Ga ada yang doyan baca sigh...sekalinya ada buku kesukaannya palingan komik
  3. Kebanyakan dari mereka lebih perduli lingkungan (bagus juga yak) bahkan ada loh salah seorang yang mengatakan kelemahannya adalah ketidakperduliannya terhadap lingkungan.
Sedangkan kejadian lucu yang terekam olehku adalah:
  • Seorang cowok bernama matthew, udah cakep, pintar pula. He knows how to convince people. Alhasil aku terpana padanya. Ketika kutanya hal yang membuat dia BT apa, jawabnya adalah "ya ini menunggu jadwal interview ini, selalu aku berharap namaku dipanggil eh...ternyata akhirnya aku dipanggil terakhir (emang dia no terakhir dan jam menunjukkan pukul 19.05 WIB) trus dia lanjut, untung dapat ibu yang cute deh...jadi GR bgt gue langsung (efek jarang dipuji neh huehhehe...)
  • Seorang cowok yang tak kalah manisnya dengan matthew, so quiet dan sweet. Aku bertanya, kalau kamu menilai dirimu sendiri, apakah kamu masuk kategori pemberani? Dia jawab"ya" dengan pasti. Coba ceritakan bukti keberanianmu, dia cerita waktu SMP sangat pemalu, tapi pada saat pensi, dia diminta main drama. Dan dengan segenap usaha dia berusaha melawan rasa malu dan akhirnya bisa tampil dengan baik. Trus aku tanya "kamu berperan sebagai apa di drama itu?" dia menjawab dengan begitu lugunya "Anggur" wetz....cape dewh...
  • Lagi-lagi seorang cowok yang bernama Raymond, badannya tinggi, gede, hitam pokoknya macho dan perkasa deh. Aku mulai dengan "please introduce yourself..." Setelah dia selesai perkenalan aku tanya, "hobbymu?" karena dia nggak bilang hobbynya apa. Jawabnya adalah "hobby ray, main bola" ups.. aku tanya lagi, "kenapa kamu pengen punya bisnis sendiri?" dia jawab lagi, "karena menurut ray..." lagi-lagi ups...benar-benar deh, penampilan rambo tapi hati rinto :P
Secara keseluruhan, interview ini sangat bermanfaat menurutku, at least kita bisa memiliki gambaran umum seperti apa kualitas mahasiswa kita nantinya, jadi lebih mudah merancang metode pengajaran :-)

No comments: