Thursday, January 31, 2008

Hyderabad

Postingan ini aku tuliskan di Negara India tepatnya di Hyderabad tepatnya di kampus Indian Business Scholl (ISB) tepatnya di ruang Learning and Resources Center di lantai dua.
Yes kemarin pukul 22.30 waktu Hyderabad aku sampai di Bandara Internasional Hyderabad yang kumuh. Kenapa kukatakan kumuh karena sebenar-benarnya emang kumuh dan bau :P untuk mengikuti Family Business confrence yang diselenggarakan oleh ISB. Jadi tulisanku "The Professional Phenomena of Family Business" diterima menjadi satu tulisan yang akan dipresentasikan pada tanggal 3 februari mendatang. Namun acaranya sendiri akan dimulai sejak besok tanggal 1.

Perjalananku sangat melelahkan. Berangkat dari Surabaya pukul 09.00 naik Garuda dan tiba di Bandara Antar Bangsa (begitulah announcement dari pihak Garuda) Soekarno Hatta pukul 10.20. Langsung ke kantor pusat Ciputra di Prof Satrio untuk mengambil passportku yang sudah ditempeli visa dari kedutaan India.
Pukul 17.00 WIB berangkat naik Singapura Airlines (SQ) dari terminal D. Karena tingginya harapanku terhadap pelayanan SQ (secara dulu pas kuliah S2, SQ sering sekali dijadikan studi kasus karena pelayanannya yang prima) maka akhirnya aku mengalami kekecewaan, artinya harapanku terlalu tinggi dan pelayanan mereka biasa-biasa aja menurutku. Ga jauh beda dengan pelayanan garuda, batavia, adam air dan lain-lain. Aku mencari-cari dimana yang beda sepertinya ga ada. Kemudian dari Changi Airport menuju Hyderabad jam 20.20 waktu Singapura. Hyderabad itu agak dingin kayak Kaliurang Yogya atau Puncak Bogor atau Tretes Malang. Ga terlalu rapi dan banyak sekali pembangunan baik infrastruktur maupun perumahan. Plat nomor mobilnya panjang-panjang dan banyak mobil VW tua yang parkir di bandara. Banyak juga bemo alias bajay dijalanan dan yang paling lucu adalah ketika mereka ngomong kepalanya selalu digeleng-gelengkan :)
Pemandangan pertamaku dibandara adalah Inspektur Vijay dengan pentungannya, dan kemudian berturut-turut perempuan-perempuan India dengan pakaian Sari yang sangat menarik hati. Penginapanku di area kampus ISB sangat Luxurious. Kamar Tidur lengkap dengan ruang tamu, dapur dan peralatannya, ruang laundry, ruang kerja, dan ruang makan. Dan bayarnya USD 100/malam, mahal deh :-(
Tadi sarapan benar-benar menantang perutku. Tak satupun makanannya yang pas buatku. Setelah kutanya ternyata mereka punya bumbu yang katanya namanya "Masala" (semoga cara tulisku benar) dan dipakai hampir diseluruh masakan, rasanya sangat menyengat sampai ke hidung. Puji Tuhan mereka juga menyediakan Cereal dengan cool Milk dan akhirnya aku memilih itu. Beres deh sarapan hari pertama :D

Channel TV di kamarku sampai 82 dan kebanyakan memutar Film India dan lagu-lagu India. Syukurnya ada TV Australia dan juga Star World juga MiracleNet (siaran Kristen berbahasa India tapi ada terjemahannya ke Bahasa Inggris) alhasil pagi-pagi sudah dapat siraman rohani :D
Hm...mau jalan-jalan malas juga sendiri dan entah kenapa susah sekali rasanya bagiku memahami bahasa inggrisnya orang Hyderabad ini (atau inggrisku yang payah?) accent-nya itu loh :) jadi males klo mau tanya-tanya.
Lagian aku mau persiapkan diri juga seh untuk acara presentasiku minggu:)
Doakan aku ya....

fyi, sekali sms dari nomor telkomselku ke nomor di indonesia Rp.5.500. Halmahera ya... :(
jadi malas sms juga hehe...

No comments: