Wednesday, September 26, 2007

Reboan

Reboan adalah nickname untuk mata kuliah yang diselenggarakan di kampusku. Mata kuliahnya berjudul Entrepreneurship diembel2i I, II, III dan seterusnya untuk menunjukkan pada semester berapa si mahasiswa mengambil mata kuliah tersebut.
Nah, aku sendiri kebagian tugas menjadi Fasilitator untuk Entrepreneurship I (E1 bacanya E One-Red). Nah kelas ini menjadi menarik karena pesertanya dari berbagai jurusan gabung tumplek..plek... sehingga sudut pandang terhadap sebuah kasus itu menjadi lebih komprehensif karena masing-masing jurusan memakai pendekatan dari ilmu yang dipelajarinya.

Meskipun mahasiswa pesertanya masih semester I dan baru kuliah selama 6 minggu, namun sudah kelihatan, berbedanya cara pikir mereka terhadap suatu masalah dan memang dipengaruhi jurusan loh :-)

Minggu lalu contohnya kasus Bakso Tikus ditinjau dari sudut etika, hampir seluruh mahasiswa sepakat bahwa tidak etis menjual bakso tikus kecuali kita terang2an mengakui kepada pembeli bahwa bakso kita mengandung tikus (yek...emang ada yang beli?) ternyata ada. Katanya di Surabaya ada penjual bakso Tikus. Nah yang paling menarik adalah ada sekelompok mahasiswa mengusulkan untuk membuat makanan eksotis dengan bahan dasar Tikus. Ntar tikusnya diternakan aja jadi bersih dan sehat gitu katanya.
Lumayan juga nih usulan :-) tapi please ya akyu tetap deh ga akan mau beli itu bakso :P

Trus tadi kasus Low Fare Airlines, nah untuk menghemat biaya ada mahasiswa yang mengusulkan paperless jadi sampai tiket pun jualnya on line ajah. Eh ada mahasiswa yang bilang investasi untuk Sistem Informasi itu mahal, maksud hati mau menghemat biaya mosok jadi mahal gitu katana :-)

Aku yang ga ngerti IT2an seneng2 aja dapat ilmu baru gitu hehehe....
enaknya menjadi dosen adalah mendapatkan ilmu gratisan dari mahasiswa2 kreatip (pake p bukan f) :P

No comments: