Monday, September 24, 2007

Komunikasi Tulis

"...Menurut saya, pajak berguna bagi perekonomian dunia, eh..maksud saya perekonomian Indonesia..."
Itulah potongan jawaban dari mahasiswaku, ketika saya bertanya tentang fungsi pajak bagi perekonomian suatu bangsa pada kuis kecil di awal kelas "Economics for Business" pagi tadi.

Langsung saja aku ngakak, membacanya. Teman-teman seruangan nanya ada apa bu?
dan kemudian kubacakan lah hasil jawabnya si mahasiswaku itu. Dan mereka pun tersenyum.

Memang, akhir-akhir ini banyak mahasiswa yang melakukan komunikasi tertulis benar-benar mengadopsi caranya berkomunikasi lisan. Literally! sehingga ketika dia ingin meralat "perekonomian dunia" menjadi "perekonomian Indonesia" yang dilakukan bukanlah menghapus kesalahan atau mencoret eh....malah menambah tulisan "...eh maksud saya..."
Lucu juga ya :-)

Maafkanlah aku nak, kalau ibu gurumu ini menjadi ngakak, dan maafkan pula aku nak kalau minggu depan akan menjadikannya contoh ketika aku ingin menyampaikan pendapat bahwa bahasa lisan dan bahasa tulis itu berbeda dalam penyajiannya :-)

No comments: