Friday, March 28, 2008

Apa Peran Guru?

Kalau akses terhadap ilmu pengetahuan sudah terbuka sangat lebar,
melalui buku-buku yang tersedia dari berbagai belahan bumi,
dan media yang sangat friendly user,
dimana murid bisa mengaksesnya cenderung lebih bebas, lebih mudah, lebih murah dan lebih kreatif dari pada guru,
maka apakah peran guru?
  • Menjadi seseorang yang bisa menyederhanakan sesuatu yang sulit. Yap hal-hal yang njilimet dan ribet hendaknya bisa diurai menjadi sesuatu yang simpel dan mudah dipahami. Teori-teori yang berada di awang-awang harus bisa ditarik kebumi dan dijelaskan dengan bahasa bumi yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Alat bantu berupa ilustrasi menjadi sesuatu yang mutlak dibutuhkan, agar siswa mampu memahami permasalahan yang dihadapi lebih jelas. Jangan lupa, tarik relevansinya kepada situasi mereka itu mungkin lebih membantu.
  • Seseorang yang bisa mengajarkan bagaimana cara belajar. Mengajar pengetahuan atas sesuatu menjadi kurang penting karena pengetahuan tersebut akan sangat mudah menjadi kuno. Sekarang ini, ilmu pengetahuan begitu cepat bertambah dan berubah. Teori-teori sekarang memiliki life cycle yang pendek. Kalau kita mengajarkan sesuatu maka ketika siswa lulus, pengetahuan tersebut mungkin sudah kuno oleh karena lingkungan yang sangat cepat berubah. Oleh karena itu, lebih baik guru mengajarkan bagaimana cara belajar kepada siswanya, untuk menjamin bahwa setelah lulus pun dia tau cara meng-update pengetahuannya agar lebih sesuai pada jaman dimana dia hidup.
  • Seseorang yang mampu menyentuh kehidupan siswanya secara personal. Hubungan guru-siswa yang dulu sering digambarkan sebagai hubungan professional saja, sekarang harus direformasi :P. Hubungan seperti itu akan sangat banyak ditemukan oleh para siswa nantinya didalam kehidupan mereka di dunia yang fana ini (apaan seh?) maka guru harus mampu melakukan pendekatan personal dengan siswanya, sehingga hubungan mereka memiliki nilai plus. Konsekuensi dari hubungan personal ini adalah, guru tersebut harus memiliki karakter dan sikap yang baik, karena jika hubungan menjadi personal maka sikap si guru akan lebih banyak lagi memberi pengaruh bagi kehidupan siswanya.
  • Seseorang yang mampu memotivasi dan menginspirasi, karena pada dasarnya dalam kehidupan siswa jaman sekarang sudah sangat banyak hal yang mereka temukan dalam kehidupan mereka. Apapun yang mereka butuhkan sebenarnya lingkungan dengan kemurahannya telah menyediakannya bagi mereka, maka guru hendaknya mampu memotivasi siswanya untuk menemukan hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan mereka dan menginspirasi mereka untuk berkembang sehebat yang mereka mampu.
Ada ide lain?
Mari kita berbagi...

No comments: