Saturday, December 15, 2007

Thx God...

Officially, semester ganjil tahun ini akan berakhir januari tahun depan, tapi secara pengajaran minggu ini adalah minggu terakhir.
Apa yang bisa kukatakan dengan semua yang telah lalu?
Banyak hal baru yang kudapatkan dalam kehidupanku khususnya dalam pekerjaanku sebagai pengajar.
Mengenal berbagai karakter generasi muda,
melebur dengan orang-orang yang mayoritas etnis chinese,
menyiapkan materi pengajaran dan mencari ide agar metodenya nggak itu-itu melulu (sumpah ternyata syusah banget),
membaca berbagai buku yang related biar dikelas ga garink,
berdiskusi dengan berbagai jenis cara pikir dari yang kelihatan paham sampai yg hanya gombes,
dan satu yang pasti aku merasa berbeda dari aku sebelumnya.

Secara garis besar aku merasa kinerjaku baik tetapi belum hebat.
dari 3 kelas yang kuajar semua materi bisa selesai sesuai dengan silabus.
Dari 14 pertemuan tidak ada yang kosong.
Aku mempersiapkan diri dengan baik tapi belum maksimal (ini harus diubah semester depan).
Aku sadar aku bisa lebih baik jika saja aku benar2 memberi extra effort.

Diakhir kelas aku meminta semua mahasiswa memberi masukan (kritik dan saran) untuk kelas yang telah berlangsung (sebelumnya TLC-Teaching and Learning Center) berjanji akan membuat penilaian kinerja dosen disetiap akhir semester; ternyata mereka ga buat :-( jadilah akhirnya aku meminta mahasiswa membuat sendiri. Kritikan ditulis dalam selembar kertas tanpa nama dan tanpa nim biar fair.
Ternyata rata-rata mahasiswa mengganggap caraku mengajar itu:
  • Bagus banget (really??) dan mudah dipahami.
  • Jelas dan sistematis
  • Kurang sangar (nah lo? maksudnya?)
Terus suasana kelas:
  • Menyenangkan
  • Kadang terlalu rame (boleh ga jumlahnya dikurangi? mungkinkah?)
  • Bisa makan, minum dll dikelas. (wetz...lama2 mereka minta bisa bawa kasur dah hehehe..)
  • Ada Break 10 menit-an (ok ini akan dipikirkan untuk semester depan)
Ada juga beberapa yang bilang materinya membosankan (kelas Economics for Business dan Marketing Management).
Kalau Economics for Business aku paham bahwa materinya mungkin membosankan karena emang sangat teoritis (aku sendiri juga kadang bosan kok hehehe...)
Tapi Marketing Management? Aku pikir pasti ada yang salah dengan metode yang kupakai. Harusnya mata kuliah itu bisa sangat menarik (ini PR besar bagiku klo masih ngajar mata kuliah ini semester ganjil).
Di kelas Introduction to Business sepertinya aku sangat berjaya hampir 98% mahasiswa puas, justru mereka ga puas dengan textbooknya (ini buku instruksi dari atasan ;-) untungnya aku cukup punya banyak pemahaman sehingga mereka merasa banyak hal yang didapat katanya (bukan berarti metodenya ga perlu diperbaharui, justru aku merasa banyak hal yg harusnya bisa di improve-dan ketauan setelah aku selesai ngajar :P)

Meskipun, bias dari kesimpulanku cukup besar, tapi aku cukup senang.
Kalau pun aku disuruh menilai kinerjaku sendiri di kelas, aku merasa belum sebaik yang mahasiswa nilai.
Dan untuk semua itu, aku mau bersyukur untuk kebaikan dan kemurahan Tuhan dalam hidupku.
Yang selalu menumbuhkan kerinduan dihatiku untuk melayaniNya melalui pekerjaan ini.
yang memberi kesehatan (meskipun sering ribet dengan banyak hal),
yang memampukan aku melakukan pekerjaan ini,
yang memberi kekuatan bagiku ditengah banyaknya rintihan pilu di kalbu *hallah..
dan syukur yang tak terhingga untuk kebaikannya memilihku melakukan pekerjaan ini dalam hidupku.
Thx God, Amen!

No comments: